Senin, 20 Desember 2010

LAPORAN OBSERVASI ORGANISASI NIRLABA PUSAT ZAKAT UMAT (PZU) KANTOR PERWAKILAN GARUT


PUSAT ZAKAT UMAT (PZU)
KANTOR PERWAKILAN GARUT

LAPORAN OBSERVASI ORGANISASI NIRLABA
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Ujian Akhir Semester
Pada Mata Kuliah
Manajemen Organisasi Nirlaba




Disusun oleh
HASAN FIRDAUS
208 400 762

JURUSAN MANAJEMEN DAKWAH
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2010
 

LAPORAN OBSERVASI ORGANISASI NIRLABA
PUSAT ZAKAT UMAT (PZU)
KANTOR PERWAKILAN GARUT

1.      Sejarah Pusat Zakat Umat (PZU) Kantor Perwakilan Garut
Pusat Zakat Umat (LAZ Persatuan Islam) adalah sebuah Lembaga pengelola Zakat, Infaq, dan Shadaqah yang berkhidmat untuk peningkatan kesejahteraan umat dalam bidang Pendidikan, Dakwah, Sosial, dan Ekonomi.
Didirikan berdasarkan SK Menteri Agama RI no.552 Tahun 2001, serta didukung oleh tenaga amil zakat profesional, Pusat Zakat Umat mencanangkan visi sebagai Lembaga yang mengelola dana Zakat, Infaq, Shadaqah secara Amanah, Profesional, dan Transparan untuk disalurkan bagi kesejahteraan umat di seluruh Indonesia.
Untuk memudahkan penghimpunan dan penyaluran dana ZIS ke pelosok-pelosok, Pusat Zakat Umat mendirikan Kantor Perwakilan dan Kantor Unit di beberapa daerah di Indonesia.
Pusat Zakat Umat (LAZ Persatuan Islam) Kantor Perwakilan Garut secara resmi beroperasional di wilayah Kab. Garut sesuai dengan Surat Keputusan dari Kantor PZU Pusat Nomor 174/A4/Sek/PZU-01/IX/2004, tertanggal 27 september 2004 Perihal Pengesahan Tasykil Amilin Pusat Zakat Umat (PZU) Kantor Perwakilan Garut.


2.      Visi dan Misi Pusat Zakat Umat (PZU) Kantor Perwakilan Garut
Visi
"Menjadi Lembaga Yang Amanah, Profesional, dan Transparan"

Misi
·        Membangun kesadaran umat untuk membayar ZIS melalui lembaga
·        Mengoptimalkan potensi ZIS di lingkungan umat Islam yang berorientasi pada pengembangan produktivitas pendidikan, ekonomi, dan dakwah
·        Membentuk citra lembaga PZU yang amanah, transparan, professional
·        Memberikan karya nyata dalam pembelaan dhuafa dan mustadh'afin
3.      Tujuan Pusat Zakat Umat (PZU) Kantor Perwakilan Garut
·        Terwujudnya penghimpunan dan pendayagunaan ZIS dari masyarakat sesuai dengan Al-Quran dan AsSunnah
·        Terkelolanya dana umat sesuai dengan skala prioritas mustahiq
·        Optimalisasi penyaluran ZIS melalui lembaga
·        Penyelamatan aqidah umat Islam dari pendangkalan yang disebabkan oleh problem ekonomi dan sosial

4.      Moto Pusat Zakat Umat (PZU) Kantor Perwakilan Garut
“Menyelamatkan Zakat Umat dan Menyelamatkan Umat dalam Berzakat”

5.      Strategi Pusat Zakat Umat (PZU) Kantor Perwakilan Garut
5.1.       Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan
Pemahaman visi dan misi bersama dengan memberikan kepuasan kepada amilin PZU, meningkatkan profesionalisme amilin PZU, serta melakukan perbaikan terus menerus (continous improvement).
5.2.       Perspektif Kegiatan Internal
Semua kegiatan internal diarahkan pada bentuk pertanggungjawaban yang akan memuaskan  pelanggan (Muzakki dan Mustahik) melalui program dan produk yang diluncurkan PZU.
5.3.       Perspektif Pelanggan
Memberikan pelayanan terbaik untuk kepuasan dan kemudahan kepada muzakki dalam menuanikan kewajibannya membayar ZIS dan kepada mustahik dalam memperoleh haknya.
5.4.       Perspektif Hasil Akhir
Pengelolaan ZIS oleh PZU semaksimal mungkin sesuai dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah sehingga tepat niat, tepat kaifiyat, dan tepat sasaran.


6.      Susunan Kepengurusan Pusat Zakat Umat (PZU) Kantor Perwakilan Garut
       Dewan Pengawas              :  H. Mamat Abdurrahman
                                           KH. Aceng Zakaria
                               dr. H. Abdul Manan Affandi, Sp.A
                               Drs. Djadja Sudardja, M.Si
                                           Drs. H. Kurnia WAS
                                           Drs. H. Sholeh AS
                                           H. Uus Kusnawan, MBA
Badan Pelaksana
Kepala                             : H. Tamim Kuswoyo, S.Ag
Manajer                           : Andri Permana
Kadiv. Keuangan              :  H. Asep Deni Abdul Majid
Bag. Administrasi              : Dayat Hidayat
Kadiv. Penghimpunan       : Mumad Nurjaman
                               Elly Nurhayati
Kadiv. Pendayagunaan     : Milfa Faisal Nugraha
                                           Ihsan Munawar
Relawan                           : Heri Kusmawan
                                           Nurman

7.      Program Kegiatan Pusat Zakat Umat (PZU) Kantor Perwakilan Garut
7.1.     Penghimpunan
·      Layanan Jemput ZIS
·      Layanan Counter ZIS
·      Transfer ZIS via Rekening
7.2.     Pendayagunaan
·      Umat Peduli
·      Peduli Dhuafa
·      Peduli Anak Yatim

7.3.     Umat Cerdas
·      Beasiswa Ar-Ruhamaa
·      Beasiswa Prestatif
·      Tunjangan Guru
·      Bantuan Operasional Sekolah
7.4.     Umat Sehat
·      Bantuan Taktis Berobat
·      Khitanan Massal
·      Advokasi Pelayanan Kesehatan
7.5.     Umat Sholeh
·      Santunan Da’i
·      Bantuan Operasional Dakwah
·      Bedah Musholla
7.6.     Umat Mandiri
·      Bina Usaha Mandiri
·      Pelatihan Kewirausahaan
7.7.     Bantuan Kemanusiaan
·      Bedah Rumah
·      Siaga Bencana Alam

8.        Marketing Pusat Zakat Umat (PZU) Kantor Perwakilan Garut
8.1.   Penerbitan Buletin Amanah
8.2.   Penyebaran Brosur
8.3.   Pemasangan Spanduk
8.4.   Publikasi Melalui Media Elektronik (Radio) Lokal
8.5.   Publikasi Melalui Media Cetak Lokal
8.6.   Pembuatan Site PZU (http://pzugarut.blogspot.com)


9.      Pengaruh Organisasi Pusat Zakat Umat (PZU) Kantor Perwakilan Garut Terhadap Masyarakat
9.1.   Muzakki
9.1.1.  Memberikan kemudahan kepada para Muzakki dalam penyetoran ZIS melalui Lembaga, sehingga tidak perlu menyalurkan secara pribadi kepada Mustahik.
9.1.2.  Dana Zakat yang terhimpun dari Muzakki dapat disalurkan sesuai syari’ah (asnaf) yang dikemas melalui berbagai program Pendayagunaan.
9.1.3.  Zakat melalui Lembaga ZIS resmi dapat digunakan sebagai pengurang penghasilan kena pajak.
9.2.   Mustahik
9.2.1.  Membantu meringankan beban hidup mustahik melalui bantuan yang bersifat konsumtif.
9.2.2.  Membantu memberdayakan potensi ekonomi mustahik melalui bantuan yang bersifat produktif dengan harapan suatu saat mereka dapat berkembang menjadi muzakki baru.

10.  Timbal Balik Dari Masyarakat Terhadap Pusat Zakat Umat (PZU) Kantor Perwakilan Garut
10.1.    Dengan adanya PZU sebagai Lembaga resmi pengelola Zakat, kesadaran masyarakat berzakat melalui Lembaga semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan perkembangan muzakki yang terus meningkat walaupun belum signifikan.
10.2.    PZU dijadikan sebagai salah satu Lembaga yang diharapkan mampu membantu masyarakat miskin, terbukti dengan banyaknya permohonan bantuan dengan berbagai macam kebutuhan.




11.  Laporan Sumber Dan Penggunaan Dana Pusat Zakat Umat (PZU) Kantor Perwakilan Garut
 LAPORAN SUMBER DAN PENGGUNAAN DANA
LAZ PUSAT ZAKAT UMAT
PERIODE : JANUARI S.D. NOVEMBER 2010



Saldo Awal Januari 2010
           47.829.467
4000
PENERIMAAN DANA
Jumlah
4001
PENERIMAAN ZAKAT MAL
        103.796.400
4003
PENERIMAAN INFAQ UMUM
           64.273.400
4005
PENERIMAAN SHADAQAH PENDIDIKAN
           12.565.000
4006
PENERIMAAN SHADAQAH DAKWAH
             9.610.300
4007
PENERIMAAN SHADAQAH KEMANUSIAAN
           11.577.000
4009
PENERIMAAN SHADAQAH RAMADHAN
           20.365.000
4010
PENERIMAAN QURBAN
             1.400.000
4017
PENERIMAAN S. PROG. SOS KES
           13.643.000

JUMLAH PENERIMAAN DANA
        237.230.100



5000
PENYALURAN DANA

5100
PENYALURAN FAKIR MISKIN

5101
LAYANAN MUSTAHIK EKONOMI
           51.996.600
5102
LAYANAN MUSTAHIK PENDIDIKAN
           12.848.000
5103
LAYANAN MUSTAHIK KESEHATAN
             6.541.790
5104
PENYALURAN PROGRAM PENDIDIKAN
             8.800.000
5105
PENYALURAN PROGRAM EKONOMI
                 400.000
5106
PENYALURAN PROGRAM SOSIAL KESEHATAN
           14.773.000
5107
PENYALURAN PROG. RAMADHAN
           35.932.416
5109
PENYALURAN QURBAN
             1.828.000
5200
PENYALURAN AMILIN
                            -  
5201
PENYALURAN KESEJAHTERAAN AMILIN
           32.300.000
5500
PENYALURAN FISABILILLAH
                            -  
5501
LAYANAN MUSTAHIK LEMBAGA
                   20.000
5502
LAYANAN MUSTAHIK DAKWAH
           21.967.910

5503
PENYALURAN TA'ZIYAH/TAHNIYAH
                 850.000
5507
PENYALURAN PROG. KEMANUSIAAN
           14.272.000
5511
SOSIALISASI DAN PUBLIKASI
                 220.000
5600
PENYALURAN IBNU SABIL
                 195.000
5700
OPERASIONAL
                            -  
5701
OPERASIONAL PENGHIMPUNAN
             2.005.000
5702
OPERASIONAL PENDAYAGUNAAN
             1.374.100
5705
BIAYA TLP/HP/FAX/INTERNET
                 658.518
5706
BIAYA PEMELIHARAAN FASILITAS KANTOR
             2.358.500
5707
BIAYA PERLENGKAPAN ATK
                 331.200
5709
BIAYA FOTO COPY/PRINT/TINTA
                 221.000
5711
BIAYA TRANSPORTASI
             2.157.000
5712
PEMBELIAN PERALATAN KANTOR
           1.250.000
5716
PEMBELIAN KENDARAAN
             9.633.500

JUMLAH PENYALURAN DANA
        222.933.534

SURPLUS/DEFISIT
          14.296.566

Saldo Akhir November 2010
           62.126.033






Keterangan :

A. Jumlah Muzakki / Munfiq tetap sebanyak + 350 orang

B. Jumlah Muzakki / Munfiq Tidak Tetap sebanyak + 100 orang

12.  Dokumentasi Kegiatan Pusat Zakat Umat (PZU) Kantor Perwakilan Garut














































SUMBER LAPORAN





















































                                                                                 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar