PUSAT ZAKAT UMAT (PZU)
KANTOR PERWAKILAN GARUT
LAPORAN OBSERVASI ORGANISASI NIRLABA
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Ujian Akhir Semester
Pada Mata Kuliah
Manajemen Organisasi Nirlaba
Disusun oleh
HASAN FIRDAUS
208 400 762
JURUSAN MANAJEMEN DAKWAH
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SUNAN GUNUNG DJATI
BANDUNG
2010
LAPORAN OBSERVASI ORGANISASI NIRLABA
PUSAT ZAKAT UMAT (PZU)
KANTOR PERWAKILAN GARUT
1. Sejarah Pusat Zakat Umat (PZU) Kantor Perwakilan Garut
Pusat Zakat Umat (LAZ Persatuan Islam) adalah sebuah Lembaga pengelola Zakat, Infaq, dan Shadaqah yang berkhidmat untuk peningkatan kesejahteraan umat dalam bidang Pendidikan, Dakwah, Sosial, dan Ekonomi.
Didirikan berdasarkan SK Menteri Agama RI no.552 Tahun 2001, serta didukung oleh tenaga amil zakat profesional, Pusat Zakat Umat mencanangkan visi sebagai Lembaga yang mengelola dana Zakat, Infaq, Shadaqah secara Amanah, Profesional, dan Transparan untuk disalurkan bagi kesejahteraan umat di seluruh Indonesia.
Untuk memudahkan penghimpunan dan penyaluran dana ZIS ke pelosok-pelosok, Pusat Zakat Umat mendirikan Kantor Perwakilan dan Kantor Unit di beberapa daerah di Indonesia .
Pusat Zakat Umat (LAZ Persatuan Islam) Kantor Perwakilan Garut secara resmi beroperasional di wilayah Kab. Garut sesuai dengan Surat Keputusan dari Kantor PZU Pusat Nomor 174/A4/Sek/PZU-01/IX/2004, tertanggal 27 september 2004 Perihal Pengesahan Tasykil Amilin Pusat Zakat Umat (PZU) Kantor Perwakilan Garut.
2. Visi dan Misi Pusat Zakat Umat (PZU) Kantor Perwakilan Garut
Visi
"Menjadi Lembaga Yang Amanah, Profesional, dan Transparan"
Misi
· Membangun kesadaran umat untuk membayar ZIS melalui lembaga
· Mengoptimalkan potensi ZIS di lingkungan umat Islam yang berorientasi pada pengembangan produktivitas pendidikan, ekonomi, dan dakwah
· Membentuk citra lembaga PZU yang amanah, transparan, professional
· Memberikan karya nyata dalam pembelaan dhuafa dan mustadh'afin
3. Tujuan Pusat Zakat Umat (PZU) Kantor Perwakilan Garut
· Terwujudnya penghimpunan dan pendayagunaan ZIS dari masyarakat sesuai dengan Al-Quran dan AsSunnah
· Terkelolanya dana umat sesuai dengan skala prioritas mustahiq
· Optimalisasi penyaluran ZIS melalui lembaga
· Penyelamatan aqidah umat Islam dari pendangkalan yang disebabkan oleh problem ekonomi dan sosial
4. Moto Pusat Zakat Umat (PZU) Kantor Perwakilan Garut
“Menyelamatkan Zakat Umat dan Menyelamatkan Umat dalam Berzakat”
5. Strategi Pusat Zakat Umat (PZU) Kantor Perwakilan Garut
5.1. Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan
Pemahaman visi dan misi bersama dengan memberikan kepuasan kepada amilin PZU, meningkatkan profesionalisme amilin PZU, serta melakukan perbaikan terus menerus (continous improvement).
5.2. Perspektif Kegiatan Internal
Semua kegiatan internal diarahkan pada bentuk pertanggungjawaban yang akan memuaskan pelanggan (Muzakki dan Mustahik) melalui program dan produk yang diluncurkan PZU.
5.3. Perspektif Pelanggan
Memberikan pelayanan terbaik untuk kepuasan dan kemudahan kepada muzakki dalam menuanikan kewajibannya membayar ZIS dan kepada mustahik dalam memperoleh haknya.
5.4. Perspektif Hasil Akhir
Pengelolaan ZIS oleh PZU semaksimal mungkin sesuai dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah sehingga tepat niat, tepat kaifiyat, dan tepat sasaran.
6. Susunan Kepengurusan Pusat Zakat Umat (PZU) Kantor Perwakilan Garut
Dewan Pengawas : H. Mamat Abdurrahman
KH. Aceng Zakaria
dr. H. Abdul Manan Affandi, Sp.A
Drs. Djadja Sudardja, M.Si
Drs. H. Kurnia WAS
Drs. H. Sholeh AS
H. Uus Kusnawan, MBA
Badan Pelaksana
Kepala : H. Tamim Kuswoyo, S.Ag
Manajer : Andri Permana
Kadiv. Keuangan : H. Asep Deni Abdul Majid
Bag. Administrasi : Dayat Hidayat
Kadiv. Penghimpunan : Mumad Nurjaman
Elly Nurhayati
Kadiv. Pendayagunaan : Milfa Faisal Nugraha
Ihsan Munawar
Relawan : Heri Kusmawan
Nurman
7. Program Kegiatan Pusat Zakat Umat (PZU) Kantor Perwakilan Garut
7.1. Penghimpunan
· Layanan Jemput ZIS
· Layanan Counter ZIS
· Transfer ZIS via Rekening
7.2. Pendayagunaan
· Umat Peduli
· Peduli Dhuafa
· Peduli Anak Yatim
7.3. Umat Cerdas
· Beasiswa Ar-Ruhamaa
· Beasiswa Prestatif
· Tunjangan Guru
· Bantuan Operasional Sekolah
7.4. Umat Sehat
· Bantuan Taktis Berobat
· Khitanan Massal
· Advokasi Pelayanan Kesehatan
7.5. Umat Sholeh
· Santunan Da’i
· Bantuan Operasional Dakwah
· Bedah Musholla
7.6. Umat Mandiri
· Bina Usaha Mandiri
· Pelatihan Kewirausahaan
7.7. Bantuan Kemanusiaan
· Bedah Rumah
· Siaga Bencana Alam
8. Marketing Pusat Zakat Umat (PZU) Kantor Perwakilan Garut
8.1. Penerbitan Buletin Amanah
8.2. Penyebaran Brosur
8.3. Pemasangan Spanduk
8.4. Publikasi Melalui Media Elektronik (Radio) Lokal
8.5. Publikasi Melalui Media Cetak Lokal
8.6. Pembuatan Site PZU (http://pzugarut.blogspot.com)
9. Pengaruh Organisasi Pusat Zakat Umat (PZU) Kantor Perwakilan Garut Terhadap Masyarakat
9.1. Muzakki
9.1.1. Memberikan kemudahan kepada para Muzakki dalam penyetoran ZIS melalui Lembaga, sehingga tidak perlu menyalurkan secara pribadi kepada Mustahik.
9.1.2. Dana Zakat yang terhimpun dari Muzakki dapat disalurkan sesuai syari’ah (asnaf) yang dikemas melalui berbagai program Pendayagunaan.
9.1.3. Zakat melalui Lembaga ZIS resmi dapat digunakan sebagai pengurang penghasilan kena pajak.
9.2. Mustahik
9.2.1. Membantu meringankan beban hidup mustahik melalui bantuan yang bersifat konsumtif.
9.2.2. Membantu memberdayakan potensi ekonomi mustahik melalui bantuan yang bersifat produktif dengan harapan suatu saat mereka dapat berkembang menjadi muzakki baru.
10. Timbal Balik Dari Masyarakat Terhadap Pusat Zakat Umat (PZU) Kantor Perwakilan Garut
10.1. Dengan adanya PZU sebagai Lembaga resmi pengelola Zakat, kesadaran masyarakat berzakat melalui Lembaga semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dengan perkembangan muzakki yang terus meningkat walaupun belum signifikan.
10.2. PZU dijadikan sebagai salah satu Lembaga yang diharapkan mampu membantu masyarakat miskin, terbukti dengan banyaknya permohonan bantuan dengan berbagai macam kebutuhan.
11. Laporan Sumber Dan Penggunaan Dana Pusat Zakat Umat (PZU) Kantor Perwakilan Garut
LAPORAN SUMBER DAN PENGGUNAAN DANA | ||
LAZ PUSAT ZAKAT UMAT | ||
PERIODE : JANUARI S.D. NOVEMBER 2010 | ||
Saldo Awal Januari 2010 | 47.829.467 | |
4000 | PENERIMAAN DANA | Jumlah |
4001 | PENERIMAAN ZAKAT MAL | 103.796.400 |
4003 | PENERIMAAN INFAQ UMUM | 64.273.400 |
4005 | PENERIMAAN SHADAQAH PENDIDIKAN | 12.565.000 |
4006 | PENERIMAAN SHADAQAH DAKWAH | 9.610.300 |
4007 | PENERIMAAN SHADAQAH KEMANUSIAAN | 11.577.000 |
4009 | PENERIMAAN SHADAQAH RAMADHAN | 20.365.000 |
4010 | PENERIMAAN QURBAN | 1.400.000 |
4017 | PENERIMAAN S. PROG. SOS KES | 13.643.000 |
JUMLAH PENERIMAAN DANA | 237.230.100 |
5000 | PENYALURAN DANA | |
5100 | PENYALURAN FAKIR MISKIN | |
5101 | LAYANAN MUSTAHIK EKONOMI | 51.996.600 |
5102 | LAYANAN MUSTAHIK PENDIDIKAN | 12.848.000 |
5103 | LAYANAN MUSTAHIK KESEHATAN | 6.541.790 |
5104 | PENYALURAN PROGRAM PENDIDIKAN | 8.800.000 |
5105 | PENYALURAN PROGRAM EKONOMI | 400.000 |
5106 | PENYALURAN PROGRAM SOSIAL KESEHATAN | 14.773.000 |
5107 | PENYALURAN PROG. RAMADHAN | 35.932.416 |
5109 | PENYALURAN QURBAN | 1.828.000 |
5200 | PENYALURAN AMILIN | - |
5201 | PENYALURAN KESEJAHTERAAN AMILIN | 32.300.000 |
5500 | PENYALURAN FISABILILLAH | - |
5501 | LAYANAN MUSTAHIK LEMBAGA | 20.000 |
5502 | LAYANAN MUSTAHIK DAKWAH | 21.967.910 |
5503 | PENYALURAN TA'ZIYAH/TAHNIYAH | 850.000 |
5507 | PENYALURAN PROG. KEMANUSIAAN | 14.272.000 |
5511 | SOSIALISASI DAN PUBLIKASI | 220.000 |
5600 | PENYALURAN IBNU SABIL | 195.000 |
5700 | OPERASIONAL | - |
5701 | OPERASIONAL PENGHIMPUNAN | 2.005.000 |
5702 | OPERASIONAL PENDAYAGUNAAN | 1.374.100 |
5705 | BIAYA TLP/HP/FAX/INTERNET | 658.518 |
5706 | BIAYA PEMELIHARAAN FASILITAS KANTOR | 2.358.500 |
5707 | BIAYA PERLENGKAPAN ATK | 331.200 |
5709 | BIAYA FOTO COPY/PRINT/TINTA | 221.000 |
5711 | BIAYA TRANSPORTASI | 2.157.000 |
5712 | PEMBELIAN PERALATAN KANTOR | 1.250.000 |
5716 | PEMBELIAN KENDARAAN | 9.633.500 |
JUMLAH PENYALURAN DANA | 222.933.534 |
SURPLUS/DEFISIT | 14.296.566 | |
Saldo Akhir November 2010 | 62.126.033 | |
Keterangan : | ||
A. Jumlah Muzakki / Munfiq tetap sebanyak + 350 orang | ||
B. Jumlah Muzakki / Munfiq Tidak Tetap sebanyak + 100 orang |
SUMBER LAPORAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar